2017 tahun Murai Batu Ring Kata Bang Boy BNR

10:37 PM Unknown 0 Comments


Melalui media Fanspage Facebook BNRSATU yaitu Bang Boy selaku petinggi utama BNR, telah menuliskan sikap pada postingan disini pada tanggal 9 Februari 2016 lalu, berikut kutipan dari beliau:

SALAM SATU HATI SATU HOBBY....
BnR tahun 2017 akan memulai mewajibkan Murai Batu RING hasil penangkaran yang diperbolehkan mengikuti lomba BnR maupun lomba yang bekerja sama dengan BnR...Murai tanpa Ring 2017 tidak diperbolehkan lagi untuk ikut dilomba lomba BnR..

Ya dengan tegas melalui kutipan diatas tersebut penyelenggara BNR akan mewajibkan hanya menggantangkan Murai Batu Ring yang artinya khusus murai batu yang dihasilkan melalui breeder-breeder murai batu, yang mana artinya murai batu yang berasal dari tangkapan liar di hutan maka tidak bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh BNR baik latber, event regional maupun nasional yang menggunakan penilaian dari BNR.

Bang Boy sendiri mengklarifikasi pernyataannya melalui kutipan berikut:

mohon diperhatikan tidak ada yg mewajibkan murai ring BnR baca baik baik.....Ring hasil penangkaran penangkaran siapa saja bebas..ini BnR lakukan untuk menyelamatkan lomba burung yg ada selama ini..karena ada berita punahnya burung akibat adanya lomba burung...seharusnya kalian suadara saudara mendukung bukan mempunyai pikiran miring...kalau pemerinta menutup semua lomba burung mau lomba kemana kita????
Dari pernyataan diatas menunjukkan BNR tidak mewajibkan murai batu yang hanya menggunakan ring BNR saja tetapi juga mempersilahkan murai batu hasil tangkaran yang menggunakan ring dari penangkar manapun.

Tujuan BNR memberlakukan peraturan ini di tahun 2017 adalah juga untuk menyelamatkan lomba burung yang selama ini berjalan. Maksudnya apa? Maksudnya sejalan dengan diadakannya lomba burung yang semakin marak maka memberikan efek secara langsung terhadap punahnya keberlangsungan hidup murai batu di alam itu sendiri dengan semakin banyaknya juga tangkapan liar dari pemikat untuk memenuhi kebutuhan yang tujuannya untuk hobby dan ujung-ujungnya ke lomba.

Wacana pemberlakuan khusus hanya hasil dari tangkaran sudah bergulir dari tahun ke tahun. Bahkan sejak saya pribadi masih belajar menggantang di lapangan. Saya ingat sekali waktu dulu itu masih jamannya PBI (Pelestari Burung Indonesia) yang ramai mengadakan lomba yang masih dikomandoi oleh Kang Pian selaku ketua PBI Bekasi.

Wacana terus bergulir dari tahun ke tahun dan akhirnya sampai sekarang ada ketegasan dan keberanian dari salah satu EO yaitu BNR untuk menerapkan aturan terbaru tersebut. Patut diacungi jempol walau pasti ada pro dan kontra diantara pemain.

Tapi sudah saatnya murai batu hasil tangkaran untuk menjadi prioritas karena secara kualitas tidak kalah dengan hasil tangkapan hutan. Sudah banyak breeder kenamaan yang berhasil menghasilkan kualitas murai batu diatas rata-rata dan berkibar sukses dalam kompetisi di lapangan baik sampai kelas nasional.

Mari kita dukung gerakan Bang Boy tersebut demi lestarinya kehidupan Murai Batu yang kita sayangi ini..

You Might Also Like

Comments
0 Comments
comments

0 comments: