Kandang umbaran murai batu murah meriah

4:36 PM Unknown 0 Comments

Masih dalam bahasan kedalaman kantong orang berbeda-beda, nah saat ini kita akan membahas tentang membuat kandang umbaran untuk murai batu khususnya dan burung kicau lain pada umumnya.

Sebelumnya mari kita bahas apa sih fungsi kandang umbaran ini sebenarnya? Fungsinya adalah  untuk melatih pernapasan pada burung, untuk menjaga kebugaran tubuh, membuat tubuh lebih singset, mengurangi stress dan lain sebagainya.

Ibarat manusia yang tidak pernah melakukan olahraga maka akan muncul resiko kesehatan, olahraga memiliki peranan penting agar sistem pada tubuh manusia berjalan sesuai dengan semestinya, begitu pula dengan burung yang kita miliki, terapi umbaran layaknya dijadikan burung sebagai ajang untuk berolahraga.

Burung dilatih di dalam kandang umbaran bertujuan agar burung menjadi lebih sehat karena bisa terbang ke sana kemari dengan leluasa, burung yang terbang dalam ukuran kandang yang lebih besar tentunya dapat untuk melatih pernapasan, memperkuat otot sayap menjadi lebih kuat karena dikepakan, dapat mengurangi stres serta burung bisa lebih rajin berkicau seperti sedang bergerak di alam.

Apakah wajib burung untuk diumbar ini? Menurut saya tidak wajib dan merupakan optional. Jika perawatan sang pemilik burung sangat apik terhadap ransum makanan dan jemur yang disiplin maka akan mengoptimalkan fisik burung yang kita miliki. Tapi dengan adanya keterbatasan pengetahuan, waktu dan lain sebagainya maka secara mudah mengatasinya dengan membiarkan si burung olahraga sendiri di kandang umbaran.

Seperti saya yang beraktifitas dengan jam kantor, murai hanya memiliki sedikit sekali porsi menikmati teriknya matahari pada penjemuran sehingga tidak maksimal dan menimbulkan tidak berimbangnya antara ransum makanan yang masuk dengan aktifitas gerakan si burung sehingga bisa menimbulkan kegemukan dan melemahnya otot pernafasan si burung.

Juga burung saat mabung bergerak secara pasif dan lebih banyak diam sehingga setelah selesai masa mabungnya akan berakibat banyaknya timbunan lemak di tubuhnya. Untuk mengkondisikan kembali si murai batu mesti berolahraga untuk meningkatkan stamina dan kebugarannya kembali. Disini umbaran bisa berfungsi secara signifikan.

Pada hari ini tgl 25 Februari di group MBI salah satu member yaitu om Anjas Jampang membagikan cara beliau membuat kandang umbaran murai batu yang murah meriah yang bisa dibuat oleh rekan-rekan kicaumania sendiri dirumah. Yuk kita bahas..
Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
1. Kawat saring / kawat ayam 1 roll seharga kurang lebih Rp.105.000,- ditoko bangunan terdekat
2. Kawat tali 5 ons di toko bangunan terdekat dengan harga kira-kira Rp.10.000,-
3. Ayakan sair ikan atau bisa juga menggunakan ayakan beras untuk membersihkan beras dari kotoran batu atau kulit gabah yang sering dipakai oleh ibu-ibu itu loh yang mungkin bisa dicari di pasar dengan harga kurang lebih Rp.20.000,- (2 untuk tutup kanan kiri ujungnya, 1 untuk tulang sambungan tengah)

Sudah ada gambaran khan yah? Mari kita coba cara buatnya..


Cara Pembuatan:
1. Potong gulungan kawat sepanjang 2 meter dimana cukup untuk membuat bagian sepanjang kurang lebih 1 meter dengan diameter tengah sebesar 50cm. Jika ingin kurang lebih 2 meter maka mesti membuat 2 bagian dan juga seterusnya
2. Ikat dengan kawat ikat seperlunya tetapi aman sehingga bagian tidak mudah lepas
3. Pasang 2 tangkringan di kedua ujungnya 
3. Rangkai 2 sisi dengan bahan ayakan sair ikan atau tampan beras tadi di kedua ujung
4. Untuk bagian pintu masuk bisa dibuat dibagian pinggir posisi tangkringan dengan cara digunting kawatnya secara rapi membentuk kotak sebesar secukupnya dan menyisakan 1 sisi jangan dipotong yang sebagai daun engselnya.
5. Pilihan lain untuk pintu masuk yaitu dengan memotong bagian ayakan beras ditengahnya 4 sisi dan membuat tambahan dari kayu untuk penjepit yang ada gotnya untuk slider dan memanfaatkan potongan tadi untuk pintu slidernya yang ditarik keatas untuk membuka. Pilihan ini agak repot membuatnya tapi tidak sulit dan lebih nyaman untuk murai masuk dan keluar.
6. Selesai dan bisa digantung atau dibuat dudukan seperti yang dimiliki oleh om Miptahudin Zain Muttaqin dibawah ini:
Dari sini saya anggap rekan-rekan lain sudah ada gambaran, paham dan bisa membuatnya. Sekarang mari kita bahas kelebihan dan kelemahannya kandang umbaran jenis ini.

Kelebihan
1. Lebih ekonomis, lebih hemat, pas dikantong yg cekak, termasuk saya.. xixixi.. =P
2. Mudah bisa dibuat sendiri, tidak perlu keterampilan khusus
3. Bisa bongkar pasang jika space mau digunakan dan juga bahan bisa dipake jika kepepet mau buat dipakai kerjaan lain.. hehehe..
4. Bobot ringan, dan lain sebagainya

Kekurangan
1. Tidak sedap dipandang, yah resiko namanya juga ngejar ekonomis pasti ada yang dikorbankan.. hehehe..
2. Penopangnya tidak kokoh dan mudah rusak jika terkena benturan karena bahan utama kawat
3. Perlu dialasi dengan kertas baik didalam ataupun bisa diluar. Jika didalam kandang maka ada potensi kena angin dan berkibar maka si murai bisa stress. Jika ditaruh diluar kena angin alas bisa hilang dan lantai bisa jadi kotor dan mengorbankan kerapian. Bisa kena omel bini atau ibu kalo model gini.. iya gak? xixixi..
4. Masalah pada pintu, ada kesulitan untuk memasukkan dan mengeluarkan burung. Gak masalah buat murai yang sering diumbar dan sudah mengerti lubang masuk dan lubang keluar. Ok masuk gampang, tapi untuk keluar lagi kalau untuk burung agak sulit?? Mau disodok pake apapun akan melintir naik atau turun dan tidak tepat melihat ke lubang pintu dan bahkan yang mengesalkan adalah malah terbang keujung lain bukannya masuk pintu mana sambil megangin sangkar tuh murai pula. Pegelll bro..
5. Murai biasanya saat diumbar juga senang sekali mandi karena serasa di alam, oleh karena itu kemungkinan jenis umbaran model ini tidak bisa untuk diberikan tempat mandi karena bisa becek area yang ada disekitarnya apalagi penempatan didalam rumah, kalau diluar rumah tidak masalah.

Nah itu dia hasil analisa sederhana versi saya untuk gambaran pros and cons dari kandang umbaran murai batu murah meriah ini. Mungkin tidak sempurna dan ada rekan-rekan yang tidak setuju, ulasan ini sebagai gambaran saja.

Untuk saat ini saya memakai umbaran sliding beli jadi dengan harga sebenarnya tidak mahal berbanding dengan biaya buat sendiri dimana kebetulan bertemu penjual umbaran dengan harga miring tetapi dengan bahan menyesuaikan. Ada banyak jenis umbaran yang mahal tetapi ya itu tadi tergantung bahan yang dipakai. Semakin mahal maka semakin bagus kualitas kandang umbar yang dihasilkan, dari bahan bambu sampai bahan almunium.

Berikut contoh umbaran yang saya miliki saat ini:
Untuk kandang umbaran yang saya miliki saat ini selain murah juga mengatasi kelemahan yang saya jabarkan diatas meskipun pasti ada plus minusnya.

Semua saya kembalikan kepada selera dan sesuai kaedah manfaat yang ingin dicapai serta kondisi kantong rekan-rekan sekalian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan rekan-rekan kicaumania. Salam.

You Might Also Like

Comments
0 Comments
comments

0 comments: