Silahturahmi ke markas Vegasus Bird Farm

2:44 PM Unknown 0 Comments

Pada hari Rabu tgl 9 Maret 2016 lalu adalah hari raya Nyepi yang dirayakan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia, pada tanggal itu pula merupakan hari libur yang ditunggu-tunggu untuk berkunjung dan silahturahmi ke markas besar Vegasus BF milik om Andri Asmari yang berada di bandung.

Tepat siang hari akhirnya sampai ke tempat beliau dimana sebelumnya pagi hari menyaksikan dulu fenomena alam yaitu Gerhana Matahari yang tertutup oleh bulan sehingga ditempatku matahari hanya memancarkan cahayanya sedikit sehingga suasana seperti senja di sore hari. Lama perjalanan adalah 2 jam lebih untuk sampai ke tujuan.
Setelah sampai dan beramah tamah sebentar ditemani oleh om Andri yang memiliki sifat ramah sekali dan rendah hati sambil kami mengagumi murai batu muda yang tergantung di hadapan yaitu si "Roda Gila", tak lama om Andri Asmari menunjukkan lokasi penangkarannya dan memperkenalkan koleksi indukan yang dimilikinya.

"Sederhana" dalam benakku dan jauh dari bayangan kondisi mewah yang sering diperlihatkan oleh rekan-rekan breeder lain terhadap kadang ternaknya. Menurutku sangat-sangat minimalis dimana pintu masuk pun seperti masuk dalam goa, agak kecil tapi pas bisa melangkah masuk untuk orang.

Lebarnya pun pas untuk satu orang dewasa. Untuk setiap kandang yg dihuni oleh indukan kemungkinan lebarnya hanya 70-80cman dengan tinggi 2m lebih dengan memakai kawat ayam dan kayu kaso. Lucunya jika ada yg mau keluar antriannya mesti memakai metode ekonomi LIFO (Last In First Out).. hehehe.. Untung personil gak ada yang ukuran tubuhnya gambot, dijamin akan ngap! xixixi..

Setelah itu om Andri memperkenalkan pada indukan TOP yang dimilikinya yaitu PUSAKA. Murai batu balak keturunan silangan Aceh vs Medan ini memiliki umur sekitar 9 tahun kalau tidak salah. Uniknya murai batu ini bisa dipanggil keluar dengan menjetikkan jari dan rayuan dari kandang ternak dengan mudahnya.
Lanjut seteah berhasil dirayu untuk main diluar si Pusaka menunjukkan kehebatan dan tonjolan-tonjolannya.
Volumenya melengking dan tajam-tajam dengan sesekali nyolong tembakan berkali-kali. Benar-benar typical murai batu BNR sekali dan memang sering berprestasi di lapangan BNR.

Puas tentu setelah mengetahui calon indukan betina yang terpilih adalah hasil dari indukan jantan yang sangat luar biasa kualitasnya. Baik postur dan materi yang dimiliki yang juga terlihat jelas pada setiap anakan atau kakak-kakak dari betina yang saya pesan.



Melalui perjalanan ini om Andri Asmari mengajarkan saya tentang breeding tidak memerlukan kandang ternak yang mewah nan megah serta perawatan yang terbatas untuk memproduksi trotolan murai batu berkualitas disela waktu beliau yang sibuk beraktivitas diluar pergi pagi pulang malam seperti halnya saya dan rekan-rekan lainnya. Om Andri Asmari juga mengajarkan saya beberapa trik sebagai bekal untuk penjodohan murai batu penjantan yang sulit atau galak.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak atas waktu dan ilmu yang sudah banyak diberikan oleh beliau kepada saya sebagai guru dan sahabat untuk mensupport dalam melestarikan murai batu kesayangan kita ini bersama-bersama. Semoga Titanium BF dan Vegasus BF menjadi makin erat dan memiliki hubungan yang hangat dalam menjalanin hobby kita bersama ini. Amin.

You Might Also Like

Comments
0 Comments
comments

0 comments: